Minggu, 21 Mei 2023

WISUDA KE-3 IAI AZ-ZAYTUN INDONESIA (IAI AL-AZIS) SABTU, 20 MEI 2023 : UCAPAN TERIMAKASIH WISUDAWAN

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum, merdeka!

 

Sebuah kehormatan dan kesempatan yang tak terlupakan bagi saya, bisa mewakilkan para wisudawan dan wisudawati untuk menyampaikan sepatah dua kata pada hari yang berbahagia ini.

 

Sahabat-sahabatku sekalian, Disetiap kesulitan pasti ada kemudahan, Allah tidak akan menguji hambanya diluar batas kemampuan. Pada hari ini, Allah telah membuktikan kepada kita semua, setelah kesulitan yang kita lalui akhirnya kita mencapai sebuah kebahagiaan.

 

Puji syukur kepada Allah swt. yang telah memberikan kekuatan kepada kita untuk bisa menyelesaikan seluruh tugas  dan tanggungjawab kita.

 

Terimakasih kami ucapkan kepada Y.A.B. Syaykh Al-Zaytun, kepada Y.B. Rektor IAI AL-AZIS, kepada Wakil Rektor Bidang Akademik dan Wakil Rektor Bidang Administrasi, pejabat, serta staf IAI AL-AZIS serta kepada dosen IAI AL-AZIS atas bimbingan, ilmu dan pelajaran yang telah diberikan kepada kami.

 

Fiti Anisa, S.H. Wisudawan Fakultas Sayriah Prodi Muamalah/HES

Saya mewakili teman teman, ingin mengucapkan maaf yang sedalam-dalamnya apabila selama perkuliahan kami membuat kesalahan kepada bapak/ibu dosen.


Selanjutnya, ucapan terimakasih terhaturkan kepada orangtua yang selalu memberikan dukungan melalui usaha dan doanya untuk kita semua.

 "Terimakasih mamah, pak, ini semua dari mamah dan bapak.”

Gelar ini, toga ini, kami persembahkan untuk kedua orangtua. Kami tidak dapat merasakan indahnya kehidupan perkuliahan tanpa kerja keras kalian. Kami tidak pernah tau bagaimana lelahnya bekerja, menahan lapar dan dahaga demi melihat kami tersenyum, menahan panasnya terik mentari demi kebahagiaan kami. Maaf yang sedalam-dalamnya dan terimakasih kami ucapkan setulus-tulusnya. tanpa kedua orangtua, kami tidak dapat berada di tempat ini.

 

Fitri Anisa: "Terimakasih Mamah, Pak, ini semua dari Mamah dan Bapak" 
Berbahagialah kalian yang orangtuanya berkesempatan hadir mendampingi kalian saat ini, Mungkin ada dari kita yang orangtuanya tidak berkesempatan hadir disini, atau mungkin telah berpulang ke yang maha kuasa. Namun percayalah mereka pasti bangga dan bahagia disana, melihat putra-putri nya telah mampu melewati segala kesulitan dan tantangan, sampai akhirnya mencapai titik mendapatkan gelar sarjana saat ini.

 

Sahabat-sahabat sekalian, saya tidak akan sampai dititik ini, jika saya tidak dihadapkan pada sebuah pilihan. Saya adalah salah satu dari calon mahasiswa kala itu yang harus berkuliah berdasarkan pilihan orangtua.

 

Tetapi saya ingat, bahwasanya Allah berfirman “boleh jadi kamu tidak menyukai sesuatu padahal itu baik bagi mu”. karena ini bukan tentang dimana kamu berada, ini bukan tentang dimana kamu berkuliah. Tapi ini tentang bagaimana kamu bisa beradaptasi dan mengembangkan potensi diri dimanapun kamu berada.

 

Fitri Anisa: "gelar ini, toga ini, kami persembahkan untuk kedua orangtua"
Bahwasanya berkuliah di IAI AL-AZIS itu membuat saya merasakan banyak hal. saya bisa berkesempatan untuk hidup ber-asrama, hidup dilingkungan yang asri, dan dipertemukan dengan teman-teman dari berbagai macam daerah di Indonesia bahkan dari luar negri, serta banyak sekali nilai-nilai yang saya dapatkan di perkuliahan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan.


Untuk adik kelasku tercinta yang sedang menempuh semester awal, nikmatilah masa-masa kuliah dengan meng-eksplor diri dan melakukan yang terbaik disetiap kesempatan.

 

Dan untuk kalian yang sedang berjuang di semester akhir, baik berjuang secara moral, berjuang secara mental, berjuang secara fikiran bahkan berjuang secara finansial. terus lakukan dan jangan lupakan Allah dalam setiap Langkah kalian.

Karena naik turunnya, jatuh bangunnya dalam sebuah kehidupan merupakan suatu hal yang wajar, kadang kita merasa semangat kadang merasa down, kadang kita merasa terinspirasi dan kadang hidup terasa biasa saja. Semua itu ada masanya, tidak ada jaminan bahwa di detik berikutnya kita akan merasakan bahagia, sedih atau cemas.

 


Untuk sahabat-sahabat sekalian yang saat ini menggunakan baju toga sebagai baju kebesaran, tantangan kita untuk masa depan juga besar. Bukan hanya karena gelar yang kita sandang, tapi bagaimana tentang nilai-nilai yang telah kita pelajari di kampus tercinta ini dapat berdampak pada segala aspek kehidupan. 

 

Sahabat-sahabatku sekalian, akhir-akhir ini muncul di media sosial berbagai macam gunjingan, cacian, hujatan, tuduhan kepada Ma’had Al-Zaytun. Mari kita sebagai wisudawan Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia menjawab hal tersebut dengan sebuah karya nyata untuk membela Ma’had Al-zaytun dimata masyarakat dan dunia.

 

Sahabat-sabahat sekalian, suatu hari momen wisuda ini akan menjadi kenangan bagi kita semua, mungkin salah satu dari kita akan menjadi seorang pengacara, jaksa, hakim, reporter, pendakwah, guru, dosen, Menteri, bahkan presiden.

Saya harap generasi kita bisa membuat perubahan kepada institusi kita, negara kita, bahkan dunia.

 

Tidak ada satu garis yang tersirat tanpa adanya sebuah titik, tidaklah tertempuh ribuan kilometer tanpa adanya 1 langkah awal. Kesempatan akan datang ketika kita benar-benar siap. Perjalanan kita masih panjang dan masih banyak mimpi besar lainnya yang harus kita capai.

 

Sahabat-sahabat sekalian, beberapa menit yang lalu kita mengucapkan janji, yaitu janji wisudawan, ketika kita keluar dari tempat ini, kita akan pergi keluar sana dan menghadapi serta mengatasi segala tantangan yang ada.

Ingatlah, bawalah dan penuhilah janji-janji itu.

 

Mungkin terlihat susah tapi bismillah, memang berat tapi kita harus kuat. Lakukanlah dan jadilah seorang pemberani.

 

Congraduation dan sukses untuk kita semua, Saya Fitri Anisa mengucapkan terima kasih dan mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan.

 

Hadzawallah yar’ana wayahfadzuna walhamdulillahirabbil’alaamiin.

Wassalamualaikum, merdeka!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar